Senin, 01 Desember 2014

Proposal Proyek Pengembangan Perangkat Lunak



BAB I
PROYEK PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
CV. MEDIA MAHASISWA

Latar Belakang
Multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer merupakan kolaborasi antara aplikasi teknologi informasi  dengan unsur pendidikan. Multimedia pembelajaran interaktif telah menjadi trend yang diminati saat ini karena memberikan kemudahan kepada siswa dalam memahami pelajaran. Pembelajaran interaktif memiliki banyak kuntungan dalam proses dan hasil pembelajaran:
  • Meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran, memberikan variasi terhadap pola konvensional.
  • Meningkatkan motivasi dan daya dorong untuk terus belajar sesuai dengan alur program yang ditawarkan.
  • Dapat digunakan untuk pembelajaran secara individual, tidak terbatas pada ruang kelas, dapat digunakan dimana saja.
  • Mengakomodasi keberagaman kemampuan siswa antara lower, middle dan higher.
  • Dengan kemampuan multimedia yang meliputi unsur video, animasi, sound, gambar dan teks menjadikan pembelajaran interaktif menjadi lebih hidup, dan tidak membosankan bagi siswa.
  • Sesuai riset yang dilakukan oleh banyak ahli, pembelajaran interaktif secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara kulitas dan kuantitas.
Proposal ini adalah sebagai dokumen penawaran dari CV. MEDIA MAHASISWA yang berisi usulan solusi pengembangan Aplikasi CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer.
Tahap pengembangan aplikasi mengikuti tahapan dalam pengembangan perangkat lunak secara  iterative dan incremental  yang terdiri atas :
-           Requirement kebutuhan sistem
-           Analisa sistem
-           Desain sistem
-           Testing sistem dan quality control
-           Integrasi perancangan sistem
CV. MEDIA MAHASISWA adalah suatu Team yang bergerak di bidang TI (Teknologi Informasi ) dan Multimedia yang melakukan pembuatan, antara lain Sistem informasi berbasis web dan Aplikasi presentasi berbasis multimedia.

BAB II
PEMBAHASAN

Ruang Lingkup Proyek Sistem
1.      Major Software Requirement
         Suatu CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer yang informatif, animatif dan interaktif, meliputi :

  • Video Tutorial Interaktif
  • Modul Pengenalan Komputer (Hardware)
  • Modul Pengenalan Sistem Operasi (Microsoft Windows XP)
  • Modul Pengolahan Kata (Microsoft Office Word 2003)
  • Modul Pengolahan Data (Microsoft Office Excel 2003)
  • Modul Lembar Presentasi (Microsoft Office PowerPoint 2003)
  • Modul Pengenalan Internet
  • Modul Belajar Menggambar dengan Komputer (Microsoft Paint)
  • Modul Belajar Desain Grafis (Adobe Photoshop 7)
  • Kamus Istilah Komputer
  • Latihan Mandiri Interaktif
 *   Deliverables
Master CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer.


*Agar mencapai hasil yang semaksimal mungkin maka perangkat lunak ini dapat digunakan pada komputer yang telah kami rancang khusus untuk penanganan perangkat lunak tersebut.


Analisa Pengguna
Pengguna dari CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer ini adalah untuk semua kalangan mulai dari Anak SMP, SMA, mahasiswa dan Umum

 3.   ASUMSI, KEBERGANTUNGAN, dan KENDALA-KENDALA PROYEK SISTEM 

            Sistem yang direncanakan ini akan mengikuti kendala-kendala yang telah ditetapkan oleh manajemen dan oleh peraturan-peraturan diluar organisasi yang mengikat. Kendala-kendala ini meliputi penggunaan dana dan lamanya pengembangan yang ada sebagai berikut ini:
  1. Dana
    Besarnya dana yang disediakan untuk seratus paket komputer lengkap dan untuk pembuatan aplikasi ini berdasarkan dari requirement dan hasil kesepakatan antara pihak PT. Gundino Softindo sebagai customer dan CV. MEDIA MAHASISWA sebagai developer
2.    Waktu
Waktu pengerjaan dari pembuatan aplikasi ini disesuaikan dengan hasil    kesepakatan antara pihak PT. Gundino Softindo sebagai customer dan CV MEDIA   INTERNASIONAL sebagai developer.


4.     PROSES PELAKSANAAN LINGKUP PEKERJAAN & METODOLOGI PELAKSANAANNYA

      Dalam pelaksanaan pekerjaan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer, CV. MEDIA MAHASISWA menerapkan teknik iterative dan incremental dalam pengembangan perangkat lunak yang merupakan pendekatan best practice terkini.
      Metode ini kami gunakan sebagai panduan yang membantu proses produksi software yang berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan end user, sesuai jadwal dan anggaran yang ditetapkan.

  1. PROSES ESKALASI
Pelaporan masalah atau service request disampaikan kepada CV. MEDIA MAHASISWA melalui telepon atau email. Pelaporan perkembangan dan design, kami laksanakan tiap 1 minggu sekali atau berdasarkan permintaan pihak customer dalam hal ini pihak PT. Gundino Softindo
Layanan dukungan pasca pengembangan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer kami lakukan selama 1 bulan pertama setelah serah terima Aplikasi .


5.  USULAN FUNCTIONAL SUPPORT ORGANIZATION    


Dalam menunjang lingkup pekerjaan pengembangan Aplikasi CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer untuk menjamin reliability, availibility dan stability sistem, kami mengusulkan anggaran dana sebagai berikut ini :

Anggaran Dana Proyek 
Lampiran
Anggaran Pengadaan Aplikasi
Rp. 250.000.000,00
Anggaran Pengadaan 100 set Komputer
Rp. 500.000.000,00
Pengadaan Sertifikat untuk 1 Sekolah
Rp. 250.000.000,00
Disc 10%
Rp. 100.000.000,00
Total Anggaran
Rp. 900.000.000,00



BAB III
PENUTUP

Dengan mengucapkan segala puji kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, demikianlah proposal Proyek Pembuatan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer. Pada akhirnya segala sesuatu yang telah direncanakan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gifs
gifs
Welcome to Checklovers.blogspot.com
Website counter

Pertemanan