BAB I
PROYEK PENGEMBANGAN
PERANGKAT LUNAK
CV. MEDIA MAHASISWA
Latar Belakang
Multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer
merupakan kolaborasi antara aplikasi teknologi informasi dengan unsur
pendidikan. Multimedia pembelajaran interaktif telah menjadi trend yang
diminati saat ini karena memberikan kemudahan kepada siswa dalam memahami
pelajaran. Pembelajaran interaktif memiliki banyak kuntungan dalam proses dan
hasil pembelajaran:
- Meningkatkan
ketertarikan siswa terhadap pelajaran, memberikan variasi terhadap pola
konvensional.
- Meningkatkan
motivasi dan daya dorong untuk terus belajar sesuai dengan alur program
yang ditawarkan.
- Dapat
digunakan untuk pembelajaran secara individual, tidak terbatas pada ruang
kelas, dapat digunakan dimana saja.
- Mengakomodasi
keberagaman kemampuan siswa antara lower, middle dan higher.
- Dengan
kemampuan multimedia yang meliputi unsur video, animasi, sound, gambar dan
teks menjadikan pembelajaran interaktif menjadi lebih hidup, dan tidak
membosankan bagi siswa.
- Sesuai
riset yang dilakukan oleh banyak ahli, pembelajaran interaktif secara
signifikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara kulitas dan
kuantitas.
Proposal ini adalah sebagai dokumen penawaran dari CV.
MEDIA MAHASISWA yang berisi usulan solusi pengembangan Aplikasi CD
Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer.
Tahap pengembangan aplikasi mengikuti tahapan dalam
pengembangan perangkat lunak secara iterative dan incremental
yang terdiri atas :
-
Requirement kebutuhan sistem
-
Analisa sistem
-
Desain sistem
-
Testing sistem dan quality control
-
Integrasi perancangan sistem
CV. MEDIA MAHASISWA adalah suatu Team yang bergerak di
bidang TI (Teknologi Informasi ) dan Multimedia yang melakukan pembuatan,
antara lain Sistem informasi berbasis web dan Aplikasi presentasi berbasis
multimedia.
BAB II
PEMBAHASAN
Ruang Lingkup Proyek Sistem
1. Major Software
Requirement
Suatu CD
Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer yang
informatif, animatif dan interaktif, meliputi :
- Video
Tutorial Interaktif
- Modul
Pengenalan Komputer (Hardware)
- Modul
Pengenalan Sistem Operasi (Microsoft Windows XP)
- Modul
Pengolahan Kata (Microsoft Office Word 2003)
- Modul
Pengolahan Data (Microsoft Office Excel 2003)
- Modul
Lembar Presentasi (Microsoft Office PowerPoint 2003)
- Modul
Pengenalan Internet
- Modul
Belajar Menggambar dengan Komputer (Microsoft Paint)
- Modul
Belajar Desain Grafis (Adobe Photoshop 7)
- Kamus
Istilah Komputer
- Latihan
Mandiri Interaktif
* Deliverables
Master CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan
Komputer.
*Agar mencapai hasil yang semaksimal mungkin maka perangkat lunak ini dapat
digunakan pada komputer yang telah kami rancang khusus untuk penanganan
perangkat lunak tersebut.
Analisa Pengguna
Pengguna dari CD Multimedia Pembelajaran Interaktif
Seri Pengenalan Komputer ini adalah untuk semua kalangan mulai dari
Anak SMP, SMA, mahasiswa dan Umum
3. ASUMSI, KEBERGANTUNGAN, dan
KENDALA-KENDALA PROYEK SISTEM
Sistem
yang direncanakan ini akan mengikuti kendala-kendala yang telah ditetapkan oleh
manajemen dan oleh peraturan-peraturan diluar organisasi yang mengikat. Kendala-kendala
ini meliputi penggunaan dana dan lamanya pengembangan yang ada sebagai berikut
ini:
- DanaBesarnya dana yang disediakan untuk seratus paket komputer lengkap dan untuk pembuatan aplikasi ini berdasarkan dari requirement dan hasil kesepakatan antara pihak PT. Gundino Softindo sebagai customer dan CV. MEDIA MAHASISWA sebagai developer
2. Waktu
Waktu pengerjaan dari pembuatan aplikasi ini disesuaikan dengan
hasil kesepakatan antara pihak PT. Gundino Softindo sebagai
customer dan CV MEDIA INTERNASIONAL sebagai developer.
4. PROSES PELAKSANAAN
LINGKUP PEKERJAAN & METODOLOGI PELAKSANAANNYA
Dalam pelaksanaan
pekerjaan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan
Komputer, CV. MEDIA MAHASISWA menerapkan teknik iterative dan incremental dalam
pengembangan perangkat lunak yang merupakan pendekatan best
practice terkini.
Metode ini kami
gunakan sebagai panduan yang membantu proses produksi software yang berkualitas
tinggi yang memenuhi kebutuhan end user, sesuai jadwal dan anggaran yang
ditetapkan.
- PROSES
ESKALASI
Pelaporan masalah atau service request disampaikan kepada CV.
MEDIA MAHASISWA melalui telepon atau email. Pelaporan perkembangan dan design,
kami laksanakan tiap 1 minggu sekali atau berdasarkan permintaan pihak customer
dalam hal ini pihak PT. Gundino Softindo
Layanan dukungan pasca pengembangan CD Multimedia
Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer kami lakukan selama 1
bulan pertama setelah serah terima Aplikasi .
5. USULAN FUNCTIONAL SUPPORT ORGANIZATION
Dalam menunjang lingkup pekerjaan pengembangan
Aplikasi CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan
Komputer untuk menjamin reliability, availibility dan stability
sistem, kami mengusulkan anggaran dana sebagai berikut ini :
Anggaran Dana Proyek
Lampiran
Anggaran Pengadaan Aplikasi
|
Rp. 250.000.000,00
|
Anggaran Pengadaan 100 set Komputer
|
Rp. 500.000.000,00
|
Pengadaan Sertifikat untuk 1 Sekolah
|
Rp. 250.000.000,00
|
Disc 10%
|
Rp. 100.000.000,00
|
Total Anggaran
|
Rp. 900.000.000,00
|
BAB III
PENUTUP
Dengan mengucapkan segala puji
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, demikianlah proposal Proyek Pembuatan CD
Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer. Pada akhirnya
segala sesuatu yang telah direncanakan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa
kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Semoga pelaksanaan kegiatan ini
dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Atas perhatian dan
kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar