Minggu, 27 November 2016

Baterai ini bisa dicas dalam hitungan detik dan tahan berhari-hari



Jika Anda bermimpi untuk memiliki gadget dengan baterai tahan lama sehingga tak perlu bolak-balik mengisi daya, teknologi sudah membawa mimpi ini jadi lebih dekat.
Dilansir dari The Next Web, para ilmuwan dari University of Central Florida (UCF), telah mengembangkan prototip baterai superkapasitor yang bisa tahan 20 kali lebih lama ketimbang baterai lithium-ion biasa. Yang lebih mencengangkan, baterai ini cukup diisi daya dalam beberapa detik saja.
Menurut kepala penelitian yang bernama Nitin Choudhary, "Jika Anda mengganti baterai dengan superkapasitor ini, Anda bisa mengisi daya smartphone Anda dalam beberapa detik dan tak perlu melakukannya lagi selama seminggu."
Bahkan, tak seperti tipikal baterai lithium-ion yang biasa kita gunakan, baterai ini terjamin tak menurun kualitasnya. Biasanya dalam 18 bulan, sel dari baterai lithium-ion akan terdegradasi kualitasnya dan kapasitasnya akan menurun. Hal ini akan membuat dalam beberapa tahun smartphone kita akan makin terasa boros baterai.
Prototip ini tak mengalami degradasi tersebut dalam beberapa tahun. Bahkan klaim para peneliti tersebut menyatakan bahwa baterai ini akan bekerja seperti baru meski telah dicas sebanyak 30.000 kali.
Baterai superkapasitor ini mampu mengecas lebih cepat dikarenakan cara baterai ini dalam menyimpan energi. Baterai ini secara statis menyimpan energi di permukaan material baterai.
Biasanya, baterai lithium-ion mengandalkan reaksi kimia di dalam baterai untuk menyimpan dan melepaskan energi. Superkapasitor ini menggunakan 'graphene' yang dimodifikasi oleh para ilmuwan untuk jadi area luas yang mampu menyimpan elektron lebih banyak dan meningkatkan daya tahan baterai.
Tentu ini masih tahap penelitian. Namun teknologi ini sangat menjanjikan untuk terpasang di berbagai perangkat mobile masa depan, bahkan untuk mobil listrik dan juga alternatif sumber energi.


Sumber:


https://www.merdeka.com/teknologi/baterai-ini-bisa-dicas-dalam-hitungan-detik-dan-tahan-berhari-hari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gifs
gifs
Welcome to Checklovers.blogspot.com
Website counter

Pertemanan