Jumat, 10 Juni 2016

Tugas 3, Bahasa Indonesia 2



1.     Contoh Paragraf Induktif

Demam yang tinggi yang terjadi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau biasa disebut mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani dokter.


2.    Contoh Paragraf Deduktif

Berpikir ilmah bisa ditanamkan pada diri siswa semenjak tingkat SD (Sekolah Dasar). Caranya? Bisa dengan mengajak siswa untuk melihat dan mencermati serta menuliskan jumlah dan jenis tanaman atau tumbuhan yang ada sekitar sekolah. Saat menduduki bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama), para siswa bisa dilatih untuk berpraktek sederhana dengan percobaan ringan. Ketika memasuki masa SMA (Sekolah Menengah Atas), pola berpikir ilmiah ini lebih menitikberatkan pada latihan tingkat lanjut yang lebih beragam atau jika memungkinkan mereka bisa mengembangkannya. Dengan demikian, mereka tidak perlu menjadi mahasiswa terlebih dahulu untuk bisa berpikir ilmiah.


3.    Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif

Indonesia merupakan negera yang sangat kaya raya. Kita memiliki kekayaan yang tidak terbatas baik di daratan maupun di lautan. Laut yang sangat luas menyimpan kekayaan hewani dan potensi kelautan seperti ikan, udang bahkan mineral seperti minyak bumi. Di daratan pun, Kita memiliki keberaneka ragaman flora, fauna dan hasil tambang yang menambah inventaris kekayaan Indonesia. Belum lagi penampakan alam nya yang indah, terbentang sangat luas dari sabang hingga kota merauke. Dan yang terakhir kebudayaan yang beraneka ragam pun turut memenuhi kekayaan Indonesia. Melihat semua potensi tersebut, tidak diragukan lagi bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya baik budaya maupun kekayaan alamnya.


Sumber:

http://web-bahasaindonesia.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-paragraf-deduktif-induktif.html
http://www.prbahasaindonesia.com/2015/05/pengertian-beserta-contoh-paragraf-deduktif-induktif-dan-campuran-lengkap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gifs
gifs
Welcome to Checklovers.blogspot.com
Website counter

Pertemanan